Jumat, 23 Maret 2018

Macam-macam Karoseri Bus Pariwisata Terbaik di Indonesia


Bus pariwisata di Indonesia mempunyai model yang bagus serta bervariasi. Kebanyakan dirancang di dalam negeri atau karoseri pribumi.  
Karoseri Bus Terbaik di Nusantara
Karoseri merupakan jasa pembuatan body mobil (body builder) beserta interiornya di atas chasis atau penopang dan mesin yang diproduksi oleh pabrik lain. Karoseri sendiri identik dengan buatan tangan manual, sehingga membutuhkan keterampilan khusus. Salah satu kelemahannya, yaitu kualitas body, tingkat presisi dan kesamaan bus satu dengan lainnya relatif rendah daripada keluaran pabrikan.
Tapi, saat ini berbagai teknologi telah diterapkan pada karoseri di Indonesia. Sehingga yang awalnya handmade dialihkan ke penggunaan beberapa alat bantu untuk meningkatkan kualitas produk. Di Nusantara ada karoseri-karoseri terbaik yang banyak digunakan sebagai bus pariwisata, di antaranya:
Adi Putro
Adi Putro merupakan salah satu penghasil bus-bus elite, seperti Travego, New Travego, Setra Top Class 500 dan Setra Selendang. Kendaraan tersebut digarap di workshop mereka yang beralamat di Jalan Balearjosari No. 35, Karanglo, Malang.
Morodadi
Karoseri yang dulunya bernama Tanaking ini termasuk bus tertua di Kota Apel dan masih eksis hingga sekarang. Morodadi Prima didirikan oleh Bambang Gunawan, seorang entrepreneur asal Malang. Dalam perkembangannya, mereka telah memproduksi dan mengembangkan produk yang berkualitas, baik sistem maupun matrialnya.
Laksana
Di antara yang lain, Laksana merupakan karoseri yang memiliki jenis produk terbanyak. Dalam pembuatan model, mereka selalu menyesuaikannya dengan transportasi terbaru serta menambah mutu produk. Beberapa busnya cukup disukai customer, seperti All New Legacy Sky dan All New Tourista.
New Armada
Karoseri tersebut didirikan oleh David Herman Jaya pada tahun 1974 dan memulai produksinya dua tahun kemudian. New Armada yang berada di Jalan Raya Mertoyudan Magelang ini telah menghasilkan produk terkenal, seperti All New Aristo, Aristoyo dan Evonext.
Rahayu Santosa
Perusahaan yang berdiri sejak tahun 1961 di Bogor itu merancang bus dengan desain sederhana, tapi dapat diterima dan disukai oleh masyarakat luas. Beberapa hasilnya adalah Evolution Series, Millennium, Jet Liner dan sebagainya.
Tentrem
Keberadaan karoseri Tentrem cukup diperhitungkan di Indonesia. Sebab, mereka memproduksi berbagai jenis bus yang menarik, rapi serta anti-mainstream. Model transportasi yang populer di kalangan konsumen adalah Galaxy, Inspiro, Jupiter, Scorpion X, Scorpion King dan Max.
Trisakti
Karoseri yang didirikan pada tahun 1983 oleh Widodo ini berlokasi di daerah Magelang. Mereka memproduksi berbagai model bus, mulai dari yang berukuran kecil hingga besar. Produk-produk andalan mereka, yaitu New Setra, Ultima, Marcopolo dan Titan.
Sebenarnya masih banyak karoseri yang ada di negara kita. Tapi, semoga daftar jasa pembuatan bus pariwisata di atas bisa menambah pengetahuan Anda.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar